Tidak ada produk di keranjang.
Membangun Website Toko Baju Online Agar Sukses Menjual Pakaian
Jika Anda ingin membangun website toko baju online agar sukses menjual pakaian, maka Anda berada di tempat yang tepat. Di artikel ini kita akan membahas, cara membangun situs web dari awal sampai menjadi toko baju online yang siap melayani transaksi.
Kita juga akan membahas, beberapa rekomendasi trik pemasaran yang bisa Anda gunakan. Seperti Search Engine Optimization (SEO), dan iklan online (Ads). Simak artikel ini sampai selesai dan ikuti langkah-langkahnya dengan baik!
Website Toko Baju Online
Ada beberapa tahapan dalam proses pembuatan website toko baju online, mulai dari perencanaan hingga pemasaran. Secara berurutan, langkah-langkahnya yaitu:
1. Memilih Platform Website
Pemilihan platform website, adalah langkah pertama dalam membangun toko online Anda. Anda dapat memilih antara platform open-source seperti WordPress dengan plugin WooCommerce, Shopify, hingga platform khusus seperti Magento.
Keputusan ini akan mempengaruh visibilitas, kalabilitas, dan biaya
pengembangan website Anda. Cobalah untuk melakukan riset mengenai fungsi, fitur, dan biaya di setiap platform sebelum mengambil keputusan. Kemudian, pilihlah salah satu platform yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.
2. Website Toko Baju Online Memilih Hosting dan Domain
Nama domain adalah alamat web yang akan pelanggan Anda gunakan untuk mengakses website toko baju online Anda. Pastikan jika nama domain Anda gunakan, mencerminkan bisnis Anda dan mudah untuk di ingat.
Selain itu, Anda bisa memilih penyedia hosting yang dapat di andalkan untuk memastikan kecepatan dan ketersediaan website yang baik. Anda juga harus memilih penyedia hosting yang menyediakan Customer Service yang handal serta responsif. Anda bisa menjelajahi penyedia web hosting yang populer di internet untuk membandingkan fitur dan harganya.
3. Memilih Tema Website
Tema adalah tampilan dasar website Anda, meliputi warna, font, tata letak, dan elemen visual lainnya. Anda bisa memilih tema yang sesuai dengan brand dan produk Anda dari koleksi tema WordPress, dari yang gratis hingga yang berbayar.
Ada banyak tema WordPress yang dirancang khusus untuk e-commerce, seperti Astra, OceanWP, atau Shopper. Anda bisa mengeksplorasi koleksi tema WordPress untuk menemukan tema yang paling sesuai. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan layanan penyedia tema eksternal, di antaranya yaitu:
- Nicepace
- TemplateMonster
- Srace Themes
- Themeisle
- IndonesiaWP
Namun, sebaiknya pastikan untuk memilih tema yang bisa Anda kustomisasi, agar Anda bisa melakukan penyesuaian terhadap tema tersebut.
Kemudian, lakukan uji coba untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua fitur yang Anda butuhkan dari tema tersebut. Bila semuanya sudah sesuai, aplikasikan tema tersebut ke website Anda.
4. Menambahkan Plugin
Plugin adalah perangkat lunak tambahan yang bisa Anda pasang di website toko baju online Anda untuk menambahkan fitur dan fungsi. Plugin sangat berguna untuk
e-commerce, karena bisa membantu Anda mengelola produk, pelanggan, pesanan
pembayaran, pengiriman, dan lain-lain.
Ada banyak plugin WordPress yang bisa Anda gunakan, seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads, hingga WPForms. Anda juga perlu menambahkan plugin untuk optimasi SEO, seperti Yoast atau Rankmath. Terakhir, jangan lupa untuk memasang plugin keamanan, agar website Anda terlindung dari hacker.
5. Menambahkan Produk
Setelah website Anda siap beroperasi, langkah selanjutnya adalah menambahkan produk ke website Anda dengan detail dan deskripsi yang menarik. Galeri produk akan sangat mempengaruhi keputusan calon pembeli, sehingga Anda harus
menyusunnya sebaik mungkin.
Setiap platform mempunyai fitur galeri produk yang berbeda-beda. Anda bisa
mempelajari cara kerja galeri di halaman panduan platform yang Anda pilih.
Untuk membuat deskripsi produk, Anda bisa mengambil contoh dari toko online lain sebagai referensi gaya bahasa dan jangan lupa sesuaikan dengan target pasar Anda.
6. Integrasi Sistem Pembayaran
Website toko baju online belum lengkap tanpa sistem pembayaran yang terintegrasi
Sedangkan platform pembayaran yang paling lengkap dan praktis di Indonesia dan bisa Anda pilih adalah QRIS. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan opsi pembayaran yang lebih spesifik, mulai dari m-banking hingga e-wallet.
Karena menyediakan opsi pembayaran online, maka Anda harus memastikan bahwa website Anda aman dari peretasan. Anda bisa memanfaatkan berbaga plugin dan aplikasi keamanan, seperti Content Delivery Network (CDN), firewall, dan anti malware.
7. Website Toko Baju Online Implementasi SEO
Toko online Anda tidak akan mendapatkan pengunjung, jika tidak muncul di halaman
pertama hasil pencarian Google. Untuk dapat muncul di halaman pertama, maka Anda harus menjalankan strategi pemasaran menggunakan SEO. Secara umum, SEO terbagi menjadi dua sisi, yaitu teknikal dan konten.
SEO teknikal berkaitan erat dengan aspek teknis, seperti kecepatan, keamanan susunan informasi, dan lain sebagainya. Sedangkan SEO konten lebih fokus ke pembuatan konten yang informatif, relevan, dan mampu menarik minat pengunjung untuk membeli produk.
8. Menggunakan Ads
Selain SEO, Anda juga dapat memanfaatkan iklan online untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan website toko baju online. Beberapa platform iklan online yang populer adalah Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Biaya iklan pun sangat fleksibel dan bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.
Agar iklan bekerja dengan efektif, pastikan untuk memilih platform iklan online yang
relevan dengan target konsumen Anda. Fashion untuk anak-anak muda biasanya lebih relevan ke Instagram, sedangkan untuk kalangan profesional lebih cenderung ke Google Ads.
Baca artikel berikut: Ingin Buka Online Shop Baju di Shopee? ini 6 Langkah Mudah dan Cepat!
Raup Keuntungan Maksimal Dengan Website Toko Baju Online Anda Sendiri!
Salah satu referensi toko pakaian online yang bisa Anda jadikan inspirasi atau sebagai tempat Anda membeli barang dagangan dengan harga terjangkau adalah Mitra Line.
Berdiri pada tahun 2022, Mitra Line hadir sebagai toko online modern yang mampu
menjual pakaian ke seluruh konsumen di Indonesia. Mulai dari pemesanan pembayaran, hingga pengiriman, semua bisa di selesaikan secara online!
Jika Anda tertarik untuk membangun website toko baju online, maka pastikan bahwa Anda sudah merencanakan semuanya dengan matang. Kemudian, ikuti panduan di atas untuk membuat website e-commerce dari nol sampai menjangkau konsumen Dengan strategi dan eksekusi yang tepat, Anda pasti sukses berjualan baju online!
Kami pun menjual pakaian bermutu tinggih, yang dapat Anda membelinya pada website Mitra Line ini. Galeri produk kami antara lain hoodie sweater, kaos wanita, sandal wanita dan sebagainya.